Manfaat dan Jenis Asuransi Barang Elektronik

black and white laptop computer on brown wooden desk
Photo by Pixabay on Pexels.com

Manfaat dan Jenis Asuransi Barang Elektronik

Saat ini, alat-alat elektronik bukan lagi kebutuhan tersier, melainkan kebutuhan primer. Alat ini biasa digunakan untuk memudahkan pekerjaan, urusan bisnis, hingga sarana untuk entertaining. Jenis dan tipe alat-alat elektronik pun bertambah banyak dengan spesifikasi yang jauh lebih canggih daripada beberapa tahun sebelumnya. 

Semakin canggih alatnya, semakin mahal pula harganya. Hal ini menjadi concern pembeli, sehingga sebagian besar pembeli menyertakan asuransi barang elektronik saat membeli salah satu di antara alat elektronik yang ada. Tujuannya untuk memberikan perlindungan atas kerusakan setelah alat tersebut digunakan.

Apa Itu Asuransi Barang Elektronik?

Penggunaan asuransi elektronik saat ini semakin banyak dari beberapa tahun sebelumnya. Asuransi ini ditujukan untuk melindungi barang elektronik yang dimiliki oleh seseorang dari berbagai kerusakan. Misalnya, karena faktor konslet listrik, kebakaran, dan risiko lainnya.

Asuransi barang elektronik hadir dengan premi yang cukup terjangkau. Nominalnya mulai dari 3% dari harga barang. Jika harganya Rp3.000.000, maka premi asuransi yang dibayar adalah Rp90.000.

Manfaat Asuransi Barang Elektronik

Asuransi elektronik adalah salah satu alternatif yang akan memaksimalkan perlindungan gadget atau alat-alat elektronik yang dimiliki. Setidaknya produk ini dapat mengurangi pengeluaran jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada alat elektronik yang telah diasuransikan. Berbagai manfaat asuransi barang elektronik, antara lain.

1. Perlindungan atas Risiko di Luar Garansi

Setiap barang elektronik baru biasanya memiliki garansi selama 1-2 tahun yang dapat diklaim jika alat tersebut mengalami kerusakan. Namun, perlu diingat bahwa klaim ini hanya ditujukan untuk kondisi khusus. Jika kerusakan yang kamu alami di luar kondisi yang sudah ditentukan, maka pengajuan klaim kemungkinan besar ditolak.

Dengan tambahan asuransi elektronik, gadget atau peralatan elektronik akan mendapat perlindungan atas risiko di luar garansi. Kamu tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan. Selagi kerusakan tersebut dikecualikan dalam polis asuransi, kamu bisa mengajukan klaim atau ganti rugi kepada perusahaan asuransi.

2. Menjaga Harga Alat Elektronik

Harga alat-alat elektronik yang rusak akan turun drastis saat dijual kembali. Dengan asuransi barang elektronik, harganya akan tetap optimal di pasar. Sebab, kerusakannya telah lebih dulu diperbaiki, sehingga alatnya dapat berfungsi secara optimal seperti sedia kala.

3. Penggunaan Menjadi Lebih Tenang

Asuransi secara otomatis memberikan ketenangan bagi kamu ketika menggunakan peralatan elektronik. Jika terjadi kerusakan secara tiba-tiba, kamu bisa menghubungi call center asuransi untuk melaporkan kerusakan. Laporan sebaiknya dibuat secara jujur untuk memudahkan proses klaim. 

Perluasan Manfaat Asuransi yang Bisa Diajukan

Manfaat asuransi dapat diperluas sesuai kebutuhan masing-masing. Perluasan ini dibagi menjadi tiga lingkup. Ada kerusakan material, penyimpanan data eksternal, dan kenaikan biaya kerja.

1. Kerusakan Material

Tertanggung akan mendapatkan biaya ganti rugi atas kerusakan pada alat elektronik yang diasuransikan. Dengan syarat bahwa kerusakan tersebut tidak disengaja dan memenuhi kriteria yang terdapat pada polis asuransi. Beberapa hal yang dikecualikan dalam lingkup ini, antara lain:

  • Kehilangan atau kerusakan beberapa barang elektronik secara sekaligus dalam satu kejadian.
  • Kerusakan atau kerugian yang muncul karena risiko gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, dan bencana alam lainnya.
  • Kerusakan atau kerugian yang disebabkan karena pencurian.
  • Kerusakan atau kerugian yang disebabkan karena kesalahan atau kecacatan yang sudah ada sebelum tertanggung membeli polis asuransi.

2. Penyimpanan

Tertanggung akan mendapatkan ganti rugi atas kerusakan data eksternal dan segala informasi yang ada di dalamnya. Dapat dipastikan data-data tersebut akan terlindungi dengan baik. Namun, lingkup ini tidak mengcover adanya kehilangan atau kerusakan beberapa barang elektronik secara sekaligus dalam satu kejadian.

3. Kenaikan Biaya Kerja

Asuransi juga akan memberikan ganti rugi untuk biaya tambahan yang muncul selama penggunaan peralatan EDP. Peralatan ini biasa digunakan saat alat-alat elektronik mengalami kerusakan material. Segala macam gangguan total maupun parsial yang muncul akan di cover oleh perusahaan asuransi, sebagaimana yang telah disepakati dan tercantum pada polis asuransi.

Hal yang dikecualikan dalam lingkup ini adalah untuk pengeluaran tambahan yang disebabkan karena adanya pembatasan dari otoritas publik yang berkaitan dengan rekonstruksi atau operasi peralatan EDP yang diasuransikan.

Baca Juga: JNE Cargo: Ketentuan, Cara Cek Resi, dan Cek Ongkir

Jenis-jenis Asuransi Barang Elektronik

a paper beside a person typing on a laptop
Photo by Kindel Media on Pexels.com

Jika dilihat dari produk dan manfaat yang didapatkan nasabah, asuransi barang elektronik dibagi atas beberapa jenis. Jadi sebelum membeli, sesuaikan terlebih dahulu produk elektronik yang ingin diasuransikan. Jenis-jenis asuransi elektronik adalah sebagai berikut.

1. Asuransi Smartphone

Pertama adalah asuransi smartphone yang didapatkan saat kamu membeli handphone baru. Manfaat yang didapatkan cukup beragam. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan agar handphone baru terlindungi secara maksimal.

2. Eazy Cover dan Max Cover

Ada juga asuransi eazy cover dan max cover. Manfaat yang didapatkan berupa perlindungan atas risiko kerusakan, seperti kerusakan fisik akibat cairan, kecelakaan, perampokan, hingga pencurian yang disertai dengan tindakan kekerasan. Tergantung dari kebijakan dari masing-masing perusahaan penyedia asuransi.

Masa perlindungan hingga 12 bulan untuk barang elektronik yang sama sekali belum pernah diperbaiki. Untuk yang sudah, maka akan diberikan perlindungan tambahan hingga 3 bulan. Sementara untuk barang yang sama sekali tidak dapat diperbaiki, maka perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi total.

3. Asuransi Product Purchase Secure

Asuransi ini memberikan manfaat berupa perlindungan atas risiko kerusakan maupun kehilangan untuk alat elektronik, berupa smartphone. Baik itu kerusakan karena kecelakaan atau kehilangan karena dicuri. Jumlah yang dapat diklaim sebesar nilai pertanggungan dengan total kerusakan minimal 75%.

Rata-rata nilai pertanggungan minimal adalah Rp3.000.000 dan maksimal Rp10.000.000. Periode pertanggungan diberikan selama 3 bulan setelah pembelian smartphone. Namun, tidak semua jenis smartphone mendapatkan perlindungan, jadi kamu perlu pastikan terlebih dahulu kepada penyedia asuransinya.

4. Perlindungan Layar Smartphone

Kini kamu tidak perlu khawatir jika layar smartphone tergores atau retak. Penyedia asuransi menyediakan asuransi elektronik untuk perlindungan layar smartphone dengan durasi perlindungan 1 tahun setelah pembelian dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. Asuransi ini cocok untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi atau sering melakukan aktivitas ekstrem.

Besaran premi yang dibayar disesuaikan dengan harga smartphone yang diasuransikan. Semakin mahal harganya, semakin besar pula preminya. Sistem pembayaran premi dapat dilakukan secara digital, yaitu melalui bank transfer atau e-wallet.

5. Tecprotec proClassic dan Tecprotec Premium

Agar smartphone semakin terlindungi, kamu dapat membeli asuransi tecprotec proClassic dan tecprotec premium . Untuk jenis proClassic, kamu bisa menikmati manfaat 12 bulan untuk pelayanan dan 6 bulan untuk perbaikan atas kerusakan yang disebabkan karena cairan. Kamu juga akan mendapatkan manfaat layanan antar jemput barang selama 24 jam.

Sementara untuk produk tecprotec premium, manfaat yang diberikan berupa penggantian unit akibat perampokan atau pencurian yang disertai dengan tindakan kekerasan. Selain itu, kamu mendapat manfaat perbaikan atas kerusakan yang disebabkan karena cairan. Dengan layanan perbaikan online selama 24 jam, kamu bisa mengajukan perbaikan kapan saja jika terdapat kerusakan secara tiba-tiba.

6. Asuransi Electronic Equipment

Sesuai namanya, asuransi ini memberikan proteksi atas kerugian atau kerusakan barang-barang elektronik dengan manfaat seperti yang tercantum pada polis asuransi. Mulai dari alat elektronik mesin digital, elektronik, dan mesin berat yang digunakan untuk kebutuhan medis maupun industri. Dengan tenaga listrik dari arus listrik rendah dan sedang.

7. Asuransi Dunia Industri

Asuransi yang satu ini biasa digunakan oleh perusahaan yang bergerak di sektor industri skala besar. Risiko yang dijamin berupa kesalahan dalam perakitan, kesalahan rancangan, dan kerusakan pada komponen tertentu. Bahkan menjamin kerusakan akibat risiko bencana alam, kebakaran, ledakan, hingga pencurian.

Beberapa kejadian yang dikecualikan dalam asuransi barang elektronik ini berupa peperangan, kerusakan akibat kelalaian yang disengaja, dan reaksi nuklir. Pengecualian ini dapat diproteksi oleh penyedia asuransi jika kamu memperluas jaminan dengan membayar premi tambahan. Untuk besaran premi, bisa langsung ditanyakan kepada penyedia asuransi sesuai barang yang ingin diproteksi.

Baca Juga: Cara Cek Resi dan Cek Ongkir J&T Cargo

Cara Klaim Asuransi Barang Elektronik Secara Umum

Jika terdapat kerusakan pada barang-barang elektronik yang diasuransikan, kamu dapat mengajukan klaim kepada penyedia asuransi. Cara klaim yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, nomor seri barang, foto kerusakan, kwitansi pembelian, dan foto bukti pembayaran atas perbaikan yang dilakukan
  • Isi formulir klaim sesuai kolom yang disediakan
  • Jelaskan kronologi kejadian, mulai dari tanggal, waktu, dan tempat kejadian
  • Lampirkan dokumen tambahan yang relevan
  • Centang kotak syarat dan ketentuan yang disetujui
  • Kirimkan pengajuan klaim. Tunggu beberapa saat sampai klaim diproses dan biaya ganti rugi diberikan kepadamu

Baca Juga: Cara Cek Resi SiCepat Cargo dan Proses Klaimnya

Memaksimalkan Perlindungan Gadget Kesayangan dengan Asuransi

Smartphone dan barang elektronik lainnya merupakan kebutuhan bagi kebanyakan orang. Mengingat harga belinya cukup mahal, bisa dibayangkan estimasi kerugian yang dikeluarkan jika barang tersebut sampai rusak atau hilang. Agar barang terproteksi secara maksimal, jangan lupa sertakan asuransi barang elektronik sesuai kebutuhan sewaktu membeli barang. 

Dapatkan penawaran produk terbaik untuk melindungi aset/properti Anda dan terhindari dari berbagai risiko keuangan dengan asuransi dari Cermati Protect dengan mengisi formulir dibawah ini!