Kerja Shift? Terapkan Tips Berikut Agar Tetap Sehat

man holding teacup infront of laptop on top of table inside the room
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Kerja Shift? Terapkan Tips Berikut Agar Tetap Sehat

Terkadang, profesi menuntut seseorang untuk bekerja di sore atau malam hari. Sebut saja operator alat berat, dokter, perawat di rumah sakit, pemadam kebakaran, dan buruh pabrik. Sedangkan tubuh dirancang untuk beristirahat pada malam hari agar dapat beraktivitas pada keesokan harinya.

Jam tidur yang tidak teratur membuat tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Menyiasati pola tidur adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat. Dengan demikian, tubuh tetap fit dan produktivitas harian tidak terganggu.

Tips Jaga Kesehatan untuk Pekerja Shift

Selain menjaga pola tidur, terdapat hal lain yang perlu diperhatikan agar kondisi tubuh tetap sehat. Hal lain yang dimaksudkan telah dirangkum dalam tips di bawah ini. Disimak, ya!

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Faktanya, tubuh memerlukan energi lebih banyak saat kerja di malam hari. Sebaiknya konsumsi makanan sehat setiap hari, seperti sayuran, buah-buahan, roti gandum, dan nasi coklat. Agar tubuh tetap hangat di malam hari, kamu bisa menyiapkan sup ayam atau bandrek susu.

Sebisa mungkin hindari makanan cepat saji. Walaupun makanan ini kelihatan menggiurkan dan enak di lidah, ketahuilah bahwa asupan gizi dan vitamin di dalamnya sangat minim. Jadi, fokuslah untuk mengonsumsi makanan sehat yang baik bagi kesehatan tubuh.

2. Mengatur Pola Makan Agar Tetap Sehat

Konsumsi makanan sehat saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan pola makan yang teratur. Karena dengan pola makan teratur, tubuh tetap sehat saat kerja shift di malam hari. Beberapa cara untuk mengatur pola makan yang bisa dicoba, di antaranya:

  • Jangan lupa sarapan, terutama untuk kamu yang sudah terbiasa makan pagi
  • Menyediakan camilan sehat untuk mengganjal perut saat lapar
  • Pilih makanan yang mudah dicerna oleh tubuh, seperti roti, susu, buah-buahan, dan sayur-sayuran
  • Hindari konsumsi gorengan atau bubur di pagi hari, karena tinggi karbohidrat dan berpotensi bikin cepat kantuk
  • Batasi konsumsi makanan manis
  • Sediakan perasan air lemon untuk dikonsumsi di pagi hari sebagai detoksifikasi tubuh

3. Membatasi Konsumsi Kopi

Sebagian besar orang memilih untuk minum kopi di malam hari agar tidak mengantuk. Benar, kandungan di dalam kopi akan membantumu untuk tetap terjaga saat kerja di malam hari. Tapi, ketahuilah bahwa kandungan gula di dalamnya tidak baik untuk kesehatan.

Konsumsi gula terlalu banyak dapat memicu penyakit diabetes. Jika ingin minum kopi, minum kopi hitam saja tanpa campuran gula sedikit pun. Atau beralih ke minuman yang lebih sehat, seperti jus dan air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. 

4. Menghindari Minuman Beralkohol

Bagi yang sering mengonsumsi alkohol, tentu tidak mudah untuk lepas begitu saja. Apalagi konsumsi alkohol di malam hari sejatinya dapat membuatmu tidur lebih nyenyak setelah bekerja shift malam. Sayangnya, alkohol dapat mempengaruhi perasaan dan keadaanmu setelah bangun tidur.

Konsumsi alkohol membuat kepala pusing, tubuh lemas, dan tidak berenergi saat bangun. Akan lebih baik jika kamu mengurangi konsumsi alkohol atau tidak mengkonsumsinya sama sekali. Kamu bisa ganti dengan minuman yang lebih sehat, seperti jus atau air putih agar tubuh tetap bugar saat bekerja pada esok hari.

5. Hindari Makan Terlalu Banyak

Makan sangat disarankan sebelum memulai aktivitas. Tapi ingat, makanlah secukupnya. Hindari makan terlalu banyak, terutama makanan yang tinggi gula dan karbohidrat agar tidak mudah mengantuk. 

Jika kamu tipikal orang yang mudah merasa lapar, sebaiknya sediakan camilan di tas saat kerja di malam hari. Jika mulai merasa lapar, kamu bisa comot camilan yang sudah disiapkan. Dengan demikian, kamu bisa kerja fokus karena perut dalam keadaan terisi. 

6. Luangkan Waktu untuk Tidur Siang

Sesampainya di rumah, segera mandi dan bersiap untuk istirahat. Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan untuk menjaga stamina tubuh sebelum kembali bekerja pada malam hari. Kamu bisa mematikan lampu atau menutup jendela untuk mengurangi cahaya yang masuk ke kamar yang dapat mengganggu kualitas tidur. 

Pencahayaan yang minim saat tidur di pagi hari adalah trik agar kamu merasa seperti tidur di malam hari. Jadi, kamu bisa tidur lebih lama dengan kualitas tidur yang maksimal. Setelah bangun, jangan lupa menghidrasi tubuh dengan minum segelas air putih agar tubuh langsung bugar.

Baca Juga: Anti Bosan! Sisi Positif Kerja Remote Bagi Karyawan

7. Batasi Menonton TV dan Memegang HP

Bagi pekerja yang shift di malam hari, tidur adalah hadiah terindah yang tidak bisa dirasakan. Sebab, mereka harus bekerja agar kegiatan produksi di perusahaan tetap berjalan. Setelah selesai bekerja, alangkah baiknya untuk membatasi penggunaan alat-alat elektronik, seperti smartphone dan televisi.

Penggunaan yang terlalu sering hanya akan mengganggu waktu istirahat di pagi hari. Bukannya tidur, yang ada kamu malah sibuk menonton dan melihat sosial media orang lain. Akibatnya, tubuh jadi lelah saat akan bekerja pada malam hari.

8. Tolak Ajakan untuk Nongkrong

Nongkrong adalah hal yang menyenangkan, tapi perlu dibatasi, ya! Kebanyakan nongkrong mengurangi waktu istirahat dan me time. Padahal keduanya sangat dibutuhkan untuk menjaga mood dan kebahagiaan kamu dalam menjalani hari-hari.

Jangan ragu untuk menolak ajakan nongkrong jika kamu sama sekali belum beristirahat. Sebagai gantinya, kamu bisa memanfaatkan waktu di akhir pekan atau saat libur untuk nongkrong bersama teman-teman. Dengan demikian, tali silaturahmi pertemanan akan tetap terjaga meskipun jam kerjamu tidak seperti teman-teman yang lain.

9. Sempatkan Waktu untuk Olahraga

Tips terakhir adalah selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga. Olahraga mampu membuat tubuh menjadi fit dan sehat. Hal ini secara otomatis akan membuat produktivitas kerja tetap tinggi walaupun kerja di malam hari.

Kamu bisa meluangkan sedikit waktu di siang hari untuk berolahraga, tepatnya setelah bangun tidur. Tidak harus ke gym atau tempat fitnes, karena olahraga di rumah pun sudah cukup. Kamu bisa lari keliling kompleks, naik turun tangga, senam, yoga, maupun pilates di rumah.

Tips Mengatur Pola Tidur Bagi Pekerja Shift Malam

Mengingat waktu kerjanya yang berbeda dengan orang pada umumnya, para pekerja shift malam perlu memperhatikan waktu tidur. Sebab, tidur yang cukup dan berkualitas dapat meningkatkan produktivitas kerja di malam hari. Berikut ini cara mengatur pola tidur yang bisa diterapkan oleh pekerja shift malam.

1. Jadikan Tidur Sebagai Prioritas

Sah-sah saja jika kamu ingin bekerja serius, meskipun di malam hari. Sebab, dedikasi yang diberikan kepada perusahaan akan mempengaruhi karir kamu di sana. Namun, jangan sampai melupakan waktu untuk tidur.
Tidur menjadi bagian dari prioritas utamamu saat kerja shift malam. Tidur yang cukup mampu membuat tubuh lebih berstamina saat bangun. Dengan demikian, kamu akan lebih semangat bekerja di malam hari.

2. Tidur dengan Durasi Lebih Lama

Terjaga di malam hari bukanlah hal yang mudah. Awalnya, kamu mungkin sering merasa pusing, kurang enak badan, dan tubuh lemas. Namun, kondisi ini akan berubah apabila kamu sudah terbiasa kerja shift.

Kamu bisa gunakan waktu di pagi hari, tepatnya setelah pulang kerja untuk beristirahat. Tidurlah dengan durasi waktu yang lebih lama guna mengembalikan stamina tubuh yang sempat hilang. Jangan lupa untuk mengurangi pencahayaan guna dapatkan tidur yang lebih berkualitas. 

3. Pastikan Tubuh Bersih Sebelum Tidur

Kamu yang kerja shift malam mungkin akan merasa malas jika harus mandi dan bersih-bersih setelah pulang kerja. Bawaannya ingin langsung tidur karena sudah terlalu lelah bekerja. Apalagi jika kamu disuruh lembur karena target produksi lebih banyak daripada hari-hari sebelumnya.  

Semalas-malasnya kamu, tetap usahakan untuk mandi sebelum tidur. Kondisi tubuh yang bersih membuat tidur lebih nyenyak, karena aroma tubuh enak dicium. Dengan demikian, kualitas tidur pun menjadi maksimal. 

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Kerja Remote

Kesehatan Adalah Aset Paling Berharga

Jam kerja shift memang akan mengubah rutinitas harian kamu. Yang tadinya bisa tidur di malam hari, justru harus tidur di pagi hari setelah pulang kerja. Meski demikian, kamu tetap harus peduli terhadap kondisi kesehatan.

Ingatlah bahwa kesehatan adalah aset paling berharga yang kamu miliki di dunia ini. Dengan tubuh yang sehat, kamu bisa melakukan apa saja yang diinginkan. Lakukan tips yang telah disebutkan di atas sebagai pedoman agar tubuh tetap sehat meskipun harus kerja shift di malam hari.

Untuk pemilik usaha, menjamin kesehatan dan keselamatan karyawan selama bekerja merupakan tanggung jawab yang harus dilakasanakan dengan memberikan mereka perlindungan dari asuransi karyawan terbaik yang bisa melindungi mereka dari berbagai risiko kesehatan dan kecelakaan kerja.

Dapatkan asuransi kesehatan karyawan terbaik dengan mengisi form dibawah ini !